Beli Film, Bukan Megapixel

February 20, 2018

#buyfilmnotmegapixels!


Lucu banget gak sih di zaman yang udah modern kayak gini, ternyata anak-anak muda sekarang lagi seneng-senengnya loh nyobain kamera analog. Akhirnya kamera-kamera analog mulai dilirik dan bermunculan lagi deh.

Gue juga termasuk dari bagian anak-anak zaman sekarang yang tertarik dengan kamera analog itu. Kepergian gue ke Jepang bulan Agustus kemarin semakin menambah rasa penasaran gue sama kamera ini, karena adek gue smpet bilang katanya ada kamera analog yang sekali pake dan bisa langsung dibuang alias disposable camera. Di Jepang, disposable ini kebanyakan dijual di sevel (711), lawson dan toko-toko kamera (gue sih nemu di toko namanya "bic camera"). Mahal gak sih??? MURAH!!!! 😂 waktu gue beli sih harganya 665 yen, jadi kalo dalam rupiah itu sekitar 85 ribu. Kalo harga ini untuk Fujifilm disposable camera yang iso 400 dan bisa 27 kali foto ya.


Gambar diatas yang sebelah kiri itu disposable camera yang masih dibungkus, bungkusnya itu dari plastik dan seolah-olah kayak snack haha karena dijualnya memang digantung seperti snack anak-anak. Nah, kalo gambar yang disebelah kanan disposable-nya udah dibongkar, roll film-nya udah diambil untuk dicuci atau dicetak. Katanya sih sebenarnya kamera ini bisa dipake lagi dengan trik khusus. Tapi gue belum pernah nyobain sih...

Awalnya gue kebingungan nih mau nyuci filmnya dimana. Setau gue sih ada tempatnya di Bandung, tapi gue males karena harus dipaketin kan.... Dan gue juga ga ngerti caranya ngeluarin itu film. Akhirnya gue dapet info dari temen katanya di Malang ada yang mau nampung cuci film kolektifan gitu tiap bulannya, nama instagramnya sih @dari_masalalu. Baru banget nih cuciannya kering. Gue seneng banget sama hasilnya! Agak-agak grainy dan faded gitu dehh.

Tokyo, Jepang.










Malang, Indonesia



Jakarta, Indonesia.







Cobain deh! Karena roll film itu ada limit-nya, jadi cuma precious moment aja yang bisa kamu ambil. Seruuuuu! 



Xoxo,
Nabila

You Might Also Like

0 comments